Jumat, 02 Juli 2010

Dasar Dasar Pengarah Acara bagian B

Pengarah acara dan kerabat kerja

Pelaksanaan produksi televisi sebagai suatu team memerlukan kerja-sama yang baik antara anggota kerabat kerja staf produksi, teknik, seniman dan pemain atau pengisi acara.
Team produksi terdiri dari dua kelompok besar:
a. KERABAT STAF PRODUKSI, mempertanggungjawabkan isi dan penyelenggaraan acara.
b. KERABAT TEKNIK (kerabat operasional peralatan teknik produksi), terdiri dari orang-orang yang berkecimpung dalam pengoperasian perangkat keras produksi dan berbagai peralatan produksi lainnya.

☺ FUNGSI-FUNGSI ANGGOTA KERABAT KERJA
◘ KERABAT STAF PRODUKSI
- Produser
Mengelola produksi tunggal (produksi acara per acara). Pemegang wewenang tertinggi atas semua aspekproduksi,dariperencanaandanpenulisannaskah,sampai tahap akhir pelaksanaan produksi dan editing. Produser juga harus memikirkan beaya acara, masalah organisasi dan juga memberi keputusan-keputusan dalam bidang estetis.

- Produser Pelaksana (Executive producer).
Pejabat pembantu producer, biasanya lebih banyak membantu dalam peng-organisasian dan perumusan kebijaksanaan pengelolaan produksi dan penbeayaan.

- Produser Lapangan
Pejabat pembantu produser, bertindak atas nama produser , atas instruksi produser, manangani pekerjaan yang berkaitan dengan pelaksanaan harian produksi di lapangan, khususnya dilokasi luar studio. Dalam praktek pelaksanaan produksi di Indonesia, fungsi produser lapangan identik dengan yang biasa disebut Unit manager.

- Asisten-asisten Producer

- Pengarah Acara (director)
Memimpin pengarahan pemain/pengisi acara dan mengarahkan pengoperasianfasilitas teknik dalam pelaksanaan produksi acara. Penanggung jawab tertinggi dalam merealisasikan pekerjaan pengobahan bentuk (transformasion) naskah scenario menjadi pesan-pesan audio dan video yang efektif.

- Pengarah Acara Muda (associate director)
Pejabat pembantu (deputy) pengarah acara selama dilaksanakan produksi, bertindak atas nama pengarah acara, membantu pekerjaan pengarahan yang memerlukan perhatian pada berbagai bidang pada saat yang sama.

- Pengarah Lapangan (floor director/foor manager/stage manager)
Membantu pengarah acara, khususnya pada pelaksanaan produksi TV di studio. Memimpin kegiatan produksi dalam ruang studio, atas instruksi pengarah acara. Memberikan pengarahan kepada pemain/pengisi acara. Meneruskan semua instruksi pengarah acara kepada pemain/pengisi acara.


◘ KERABAT PELAKSANA TEKNIS DAN AHLI TEKNIS KHUSUS

- Pengarah Teknik (bertindak selaku swither)
Melaksanakan switching (pemaduan gambar) atas instruksi pengarah acara dan bertindak sebagai pemimpin kerabat pelaksana teknis.

- Kameraman
Meng-operasikan kamera. Kerap juga melakukan pencahayaan untuk acara-acara kecil.

- Pengarah Cahaya (lighting directort)
Bertanggungjawab atas pencahayaan. Biasanya berlaku pada produksi-produksi besar.

- Pengatur Video (video engineer, video operator)
Mengatur mutu gambar se-optimalnya pada setiap kamera.

- Penata Audio
Memimpin semua peng-operasian audio pada produksi acara.

- Pelaksana Video Tape Recorder
Meng-operasikan peralatan video tape recorder (VTR).

- Editor VideoTape
Meng-operasikan peralatan editing video tape.

- Pengatur Perawatan Alat (maintenance engineer)
Melaksanakan pemeliharaan peralatan teknik dan melakukan perbaikan bila terjadi masalah peralatan.

◘ KERABAT KHUSUS STAF PRODUKSI
- Penulis Naskah (script writer/scenario writer)
Melakukan sendiri atau bekerja sama dengan penulis lain sebagai kelompok penulis, menulis naskah sesuai dengan ketentuan-ketentuan arahan gagasan yang ditetapkan oleh produser.

- Penata Artistik (Art Director)
Memimpin pengadaan/pembuatan/pembangunan semua aspek desain kreatif dari acara keseluruhan, distudio atau lokasi. Dalam hal ini termasuk desain grafik.

- Artis Grafik
Menyiapkan grafik dengan komputer, berbagai title, dan lembar-lembar peragaan, dan latar belakang dengan peralatan elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar